DARING SENI PATUNG

 

SENI PATUNG

 

A.      Pengertian Patung

Seni Patung Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi, artinya benda yang memiliki volume atau isi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, patung diartikan benda tiruan bentuk manusia dan binatang yang cara pembuatannya dipahat. Pengertian ini didasarkan terjemahan dari bahasa Inggris, sculpture, karena pematung jaman dahulu kebanyakan menggunakan teknik memahat.

Seni patung disebut juga plastic art atau seni plastik. Maksudnya, plastik mudah dibentuk sesuka hati. Seni patung juga diartikan sebagai seni bentuk, maksudnya bentuk-bentuk yang memiliki keindahan. Patung sebagai seni plastik mempunyai pengertian yang luas karena tidak hanya bentuk manusia atau bentuk binatang yang dibuat, tetapi bentuk apapun dapat disebut patung.

Pengertian patung menurut para ahli :

1. Mikke Susanto

Seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) atau aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak) (Susanto, 2011: 296).

2.      Soenarto dan Soeroto

 Seni Patung adalah semua karya dalam bentuk meruang. Menurut Kamus Besar Indonesia adalah benda tiruan, bentuk manusia dan hewan yang cara pembuatannya dengan dipahat  (Soenarso dan Soeroto, 1996: 6).

3.      B.S Mayers

Seni patung adalah karya tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apa pun atau bidang manapun pada suatu bangunan. Karya ini diamati dengan cara mengelilinginya, sehingga harus nampak mempesona atau terasa mempunyai makna pada semua 6 seginya (Mayers, 1958: 131-132).

 

 

 

B.       Jenis Patung berdasarkan Perwujudannya/Bentuknya

1.    Patung figuratif (realis/representatif). Berarti patung yang merupakan tiruan dari bentuk alam, seperti manusia, binatang dan tumbuhan. Dapat dikatakan patung ini nyata dalam perwujudannya dan tidak hanya abstrak atau mengawang-awang. Contoh: patung pahlawan, patung macan, dsb.

2.    Patung deformatif  adalah patung yang mengalami perubahan bentuk tetapi tidak meninggalkan bentuk alam.

3.      Patung non figurative (imajinatif/non representative) adalah patung yang tidak meniru alam atau lepas dari alam. Patung ini perwujudannya tidak nyata atau abstrak. Seperti patung abstrak geometris, patung bentuk silinder runcing sebagai bentuk symbol bamboo runcing, dan sebagainya

 

C.       Fungsi Seni Patung

  1. Patung Dekorasi. Berfungsi untuk memperindah suatu ruangan atau lingkungan eksterior.
  2. Patung Monumen, Dibuat untuk mengenang jasa tokoh atau kelompok tertentu, seperti sosok pahlawan suatu negara atau memperingati peristiwa bersejarah.
  3. Patung Kerajinan. Merupakan patung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat diminati untuk dibeli berdasarkan berbagai kebutuhan umum yang tidak spesifik.
  4. Patung Arsitektur, dibuat untuk menunjang atau melengkapi kontruksi suatu bangunan sehingga lebih terpadu dan harmonis dengan desain arsitektur yang telah dirancang.
  5. Patung Seni (fineart). Patung seni atau seni murni dibuat hanya untuk kepentingan estetis dan dapat menjadi sangat eskperimental bentuknya (seni tidak selalu indah).
  6. Patung Religi. Bagi beberapa agama dan kepercayaan patung memiliki unsur dan makna religius dan digunakan sebagai sarana beribadah.

D.      Bentuk Penampilan Patung

1.    Patung lengkap adalah patung yang penampilannya lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki. Patung ini terdiri dari :

a.       Patung free standing yaitu patung lengkap yang posisinya tegak berdiri

b.      Patung zonde yaitu patung lengkap yang posisinya jongkok atau duduk

2.    Patung dada adalah patung yang penampilannya sebatas dada ke kepala

3.    Patung torso adalah patung sebatas leher sampai ke kaki

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSIK POPULER

SENI LUKIS

DARING 2 SENI LUKIS