DARING SENI BUDAYA 10 KLS 7

 

MENYANYI DENGAN SATU SUARA

A.      Bernyanyi Secara Unisono

Bernyanyi secara unisono adalah bernyanyi satu  suara  secara bersama-sama dengan menggunakan satu melodi lagu. Partitur lagu bernyanyi unisono hanya melodi pokoknya saja. Semua lagu dapt dinyanyikan secara unisono, baik lagu daerah, lagu nasional, maupun lagu popular.

B.      Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia

1.       Teknik Vokal

Istilah dalam teknik vocal :

a.       Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.

b.      Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

c.       Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat

2.       Teknik Pernapasan

a.       Pernapasan Dada

Dilakukan dengan cara mengisi udara dalam paru-paru bagian atas. Bagian yang mengembang adalah dada bagian atas. Pernapasan ini dipakai untuk menghasilkan nada-nada rendah. Pernapasan ini tidak cocok digunakan dalam bernyanyi karena penyanyi akan mudah kehabisan napas.

b.      Pernapasan Perut

Dalam pernapasan perut bagian tubuh yang mengembang adalah perut. Jenis pernapasan ini dapat menghasilkan suara sangat keras. Namun pernapasan perut tidak begitu baik untuk bernyanyi.

c.       Pernapasan Diapragma

Pernapasan ini paling cocok untuk bernyanyi karena dapat mengambil napas sebanyak-banyaknya dan mengeluarkan secara perlahan dan teratur. Dalam pernapasan diapragma udara ditarik sedalam mungkin dan disimpan dalam diapragma. Kemudian udara dikeluarkan perlahan sewaktu bernyanyi.

 

TUGAS !

1.       Carilah lima judul lagu daerah yang berbeda asal daerahnya

2.       Tulislah notasi lagu apuse dari Papua

Kalian boleh mencari jawaban di internet, foto dan kirim tugas kalian ke 085869077323, selamat belajar dan tetap jaga kesehatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSIK POPULER

SENI LUKIS

DARING 2 SENI LUKIS