DARING ALAT MUSIK SEDERHANA

 

MEMAINKAN ALAT MUSIK SEDERHANA

 

Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana.  Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara  menghindari stress saat belajar.

Bermain music bisa dilakukan dengan peralatan yang sederhana seperti menggunakan kaleng bekas, botol bekas, paralon bekas, batang bamboo bekas, atau barang-barang bekas lainnya yang dapat dijadikan sebagai instrument music yang mengasyikkan.

Alat music sederhana tersebut hendaknya memenuhi criteria sebagai berikut.

Mudah didapat di lingkungan tempat tinggal

  Mudah buat sendiri

  Mudah dipelajari

  Mudah dimainkan

  Menghasilkan bunyi yang enak didengar

Musik ansambel terbagi menjadi dua kelompok, yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran. Berikut penjelasannya :

1.       Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel  rekorder.

2.       Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan beberapa alat music. Contohnya : ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll. Apabila anda belum mempunyai keahlian dalam memainkan gitar,tentu anda bisa belajar dengan  membaca cara cepat belajar gitar dengan mudah.

 

 

 

 

Musik Ansambel juga dapat digolongkan menjadi 3 kelompok apabila dilihat dari fungsi dan alat musik yang digunakan, yaitu :

1.       Musik Ansambel Melodis

Alat musik yang digunakan dalam musik ansambel melodis adalah alat musik yang dimainkan dengan tujuan menghasilkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi sebuah lagu. Contoh : piano, harmonika, rekorder, terompet

2.       Musik Ansambel Ritmis

Musik ansambel ritmis dalam penyajiannya menggunakan alat musik yang gunanya agar mengatur irama sebuah lagu. Contoh : Drum set, triangle, gong, gendang, dan tamborin.

3.       Musik Ansambel Harmonis 

M             Musik ansambel harmonis memakai alat musik yang dapat berperan ganda yaitu sebagai                          memainkan rangkaian nada-nada dan mengatur irama dari sebuah lagu.

Menurut sumber bunyinya jenis alat musik dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:

1.       Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara, biasanya dimainkan dengan cara ditiup. Contohnya; pianika, terompet, harmonika, recorder.

2.       Chordhophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, tali, kawat, dawai, dan dimainkan dengan cara digesek atau dipetik. Contohnya; biola, siter, gitar, harpa, rebab, mandolin, dll.

3.       Membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis, kulit, plastik, ataumika, dan dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul. Contohnya; drum, kendang, ketipung, rebana, tamburin, dll.

4.       Idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lempeng logam, atau kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya; Gong, kulintang, belira, xylophone, dan sebagainya.

5.       Elektrophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik (baterai). Contohnya; organ, keyboard, gitarlistrik, dll.


Teknik Memainkan Alat Musik

Berikut beberapa alat musik di Indonesia.

1.       Angklung

Angklung  adalah  alat  musik dari daerah Jawa Barat dan Banten. Angklung telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Awalnya angklung merupakan alat musik yang digunakan untuk bunyi-bunyian ber- kaitan tentang panen padi dan upacara lain yang juga berkenaan dengan padi. Teknik memainkan angklung dengan cara digoyangkan.


2.       Seruling Bambu

Alat musik seruling bambu juga berkembang seperti angklung. Di Sulawesi Selatan yaitu di Toraja dan di Sulawesi Utara seruling bambu telah dipakai sebagai musik ansambel, demikian juga di Nusa Tenggara Timur. Alat musik seruling dibedakan menjadi seruling pembawa melodi dan seruling pengiring. Teknik memainkan alat music ini dengan cara ditiup.


3.       Sasando

Alat musik sasando berasal dari kabupaten Rotedau di Nusa Tenggara Timur, yang sudah sukar dijumpai. Pakaian tenun Rote dan Tiilangga topi khas Rote yang masih bisa dijumpai. Musik sasando sekarang sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk mengiringi orang bernyanyi. Pak Jer. A. P yang tinggal di Kupang tepatnya di Liliba jalan ke arah Timor Leste, memodifikasi sasando sehingga menjadi sasando elektrik. Sasando dimainkan dengan cara dipetik menggunakan dua tangan.


4.       Calung

Masyarakat banyak yang menyamakan calung dengan angklung, karena melihat bentuknya yang hampir sama. Meskipun hampir sama, namun cara membunyikan alat musik tersebut sangat berbeda. Angklung agar keluar bunyinya hanya digoyangkan, sedangkan calung harus dengan cara memukul batang-batang bambu.


5.       Kolintang

Alat musik kolintang merupakan alat musik asli daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Nama kolintang menurut masyarakat Minahasa berasal dari suaranya, tong (nada rendah), ting (nada tinggi), dan tang (nada biasa). Dalam bahasa daerah setempat berarti, ajakan ”Mari kita lakukan Tong Ting Tang” atau Mangemo kumolintang. Ajakan tersebut akhirnya berubah menjadi kata kolintang agar mudah dilafalkan oleh masyarakat. Alat music kolintang dimainkan dengan cara dipukul.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSIK POPULER

SENI LUKIS

DARING 2 SENI LUKIS